Pengecatan Epoxy Lantai Sesuai SOP

By | January 8, 2021

Cat epoxy merupakan larutan cat spesial yang terdiri dari kombinasi materi resin serta hardener yang dapat dipakai bagaikan susunan penjaga pipih pada lantai. Biasanya cat epoxy hendak diterapkan pada lantai batu.

Guna aplikasi epoxy lantai sendiri buat mencipakan daya tahan maksimum pada lantai, penjaga dari resapan zat cair yang berpotensi mengganggu lantai beto serta pula bagaikan penjaga dari bermacam materi kimia.

Tidak cuma itu, pengaplikasian cat epoxy pula hendak membuat lantai nampak lebih mengkilap, alhasil ruangan jadi lebih menawan, nampak bersih, serta elok.

Sebagian bangunan yang sering menerapkan epoxy lantai merupakan rumah sakit, mall, ruang demonstrasi, pedepokan televisi serta bangunan lain yang mempunyai kepadatan kegiatan besar yang lain.

Tahap Metode Pencelupan Epoxy Lantai

Beda dengan pengaplikasian cat bilik, pencelupan epoxy lantai sendiri dicoba dengan sebagian cara. Mulai dari cara perencanaan lantai sampai finishing. Selanjutnya merupakan bimbingan tahap metode epoxy lantai:

Sediakan Dataran Lantai

Tahap awal yang wajib dicoba merupakan menyiapkan dataran lantai. Perencanaan substrat diperlukan buat membenarkan adhesi antara substrat serta produk epoxy.

Tata cara yang banyak dipraktikkan serta cocok dengan situasi lantai yakni dengan pengamplasan ataupun diamond grinding.

Baca Juga :

Dataran lantai yang telah terinfeksi dengan minyak pula bisa jadi menginginkan eliminasi spesial. Eliminasi ini wajib dicoba pada semua dataran, tercantum bagian yang tertutup oleh barang lain.

Bilas Lantai

lewat cara pengamplasan, seanjutnya jalani eliminasi dengan membersihkan lantai. Kamu pula dapat memakai hampa industry buat mensterilkan elemen abu kecil.

Saat sebelum diterapkan cat epoxy, lantai wajib betul- betul leluasa dari abu serta residu yang melekat pada permkaan.

Bila elemen ini tidak dibersihkan dengan bagus, hingga hendak terperangkap dalam susunan lantai. Walhasil adhesi jadi melemah serta guna epoxy lantai juga menyusut.

Priming and Filling

Tahap ketiga ialah dengan menerapkan pokok epoxy yang cocok. Butuh Kamu ingat, bila aplikasi pokok epoxy karakternya merupakan harus, jadi janganlah sempat yakin bila terdapat pelayanan epoxy lantai yang berkata bila pokok tidak diperlukan.

Cara priming hendak membagikan daya tahan lebih pada lantai serta menghasilkan adhesi lebih bagus ke substrat. Cara berikutnya diiringi dengan menutup substrat alhasil melenyapkan resiko penggelembungan pada dataran lantai.

Priming pula menolong meminimalisir jumlah produk yang dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Disini Kamu dapat mneggunakan 2 lapisa pokok, alhasil lantai sedia diterapkan epoxy lantai.

Nah supaya cara priming berjalan kilat, yakinkan bila zona aplikasi mempunyai jendela yang bagus.

Priming Pada Dataran yang Tidak Rata

Bila dataran lantai terdapat yang tidak datar ataupun hadapi kerenggangan, dataran itu wajib memperoleh atensi spesial. Kamu dapat memuat seluruh lubang ataupun antara memakai epoxy grout.

Sedangkan buat dataran lantai yang retak wajib dipotong terlebih dulu memakai pemotong permata. Berikutnya diisi dengan epoxy grout.

Yakinkan bila seluruh dataran lantai datar serta lembut tanpa antara atau retakan.

Pengaplikasian Epoxy Pada Dataran Tidak Rata

Mempraktikkan Susunan Epoxy Lantai

Masuk ke tahap inti, ialah pengaplikasian epoxy lantai. Yakinkan bila seluruh barang yang terdapat di dalam ruangan telah dipindahkan, alhasil epoxy lantai dapat diterapkan ke semua bagian.

Pada langkah ini terdapat satu perihal yang berarti Kamu cermati, ialah dosis kombinasi cat epoxy.

Umumnya dosis hendak dicocokkan dengan keinginan lantai, misalnya buat lantai zona parkir yang menginginkan kombinasi cat epoxy lebih banyak dibandingkan kombinasi buat aplikasi sekolah.

Jalani pencampuran materi epoxy memakai mixer listrik paling tidak sepanjang 2 menit. Berikutnya terapkan langsung pada dataran lantai.

Aplikasi Cat Epoxy

Sehabis kombinasi cat epoxy telah jadi, selanjutnya terapkan cat epoxy pada dataran lantai. Disini Kamu dapat memakai sebagian alat buat menerapkan cat epoxy, salah satunya rol yang sangat banyak digunkan.

Pengaplikasian cat epoxy sendiri dapat dicoba sebagian kali, terkait dengan ketebalan yang di idamkan. Buat memperoleh hasil yang lebih lembut serta kokoh, yakinkan susunan awal dari cat epoxy lantai telah kering maksimum. Sehabis itu terkini balurkan kembali cat epoxy serta ratakan memakai roll.

Susunan Akhir

Saat sebelum mempraktikkan susunan terakhir, yakinkan bila seluruh lubang serta retakan pada dataran lantai telah terisi serta tidak terdapat residu yang nampak.

Bila perihal ini tidak dicermati dengan bagus, hasil akhir dari aplikasi epoxy itu hendak kurang baik apalagi tidak datar.

Tahukan Kamu ika beberapa besar produk epoxy memiliki baya jambangan dekat 40 menit apalagi kurang?

Jadi bila Kamu menggabungkan dalam jumlah khusus, hendaknya langsung lakukan serta ratakan.

7 tahap cara aplikasi epoxy lantai di atas wajib dicoba dengan cara pijat serta tidak bisa terlewatkan. Karena satu saja langkah

terlampaui, hingga dapat membuat epoxy tidak membagikan gunanya dengan cara maksimum.

Langkah Pencelupan Epoxy Lantai

Bila cara tahap di atas menarangkan jenjang dengan cara biasa, mulai dari perencanaan sampai finishing, selanjutnya ini merupakan uraian buat langkah perinci pengaplikasian epoxy lantai.

Cara Grinding

Semacam yag telah dipaparkan di atas, bila langkah awal buat pengaplikasian epoxy lantai yakni dengan langkah grinding. Langkah griding alah langkah awal pori- pori lantai atau pengupasan cat epoxy lantai yang terdahulu.

Langkah ini dicoba dengan tujuan supaya cat epoxy dapat menyerap sempurna ke dataran lantai. Bukan cuma itu, awal pori- pori lantai pula hendak membuat bercak sisa minyak atau abu yang telah lama melekat serta membeku jadi tersobek.

Pada langkah awal ini, Kamu tidak dianjurkan memakai HcI, karena hendak menimbulkan dataran lantai betn jadi lebih lemah sebab cara korosi yang ditimbulkan zat asam pada kandungannya.

Cara Premier

Sehabis langkah pengelupasan cat epoxy lama serta bermacam kotoran yang melekat, dilanjutkan dengan cara premier. Cara ini pula sering diucap under coat process ataupun langkah pelapisan pondasi dini.

Dengan tutur lain, cara premier merupakan susunan awal cat epoxy yang diterapkan pada lantai batu.

Tujuan aplikasi cat premier yakni buat memuat pori- pori lantai dengan cat itu dan melengketkan antara cat epoxy lantai dengan lantai batu yang cacat atau retak.

Perekatan cat epoxy dengan lantai batu ini terdiri atas 2 bagian, ialah cat epoxy lantai serta floor hardener yang gunanya buat menguatkan dataran lantai batu kepada gesekan.

Tidak cuma itu, pada cara aplikasi pokok pula sering- kali terjalin pemberian corak, alhasil lantai nampak lebih baik serta menarik. Langkah ini pula dapat dicoba dengan aplikasi epoxy mortal bagaikan susunan kontra bocor.

Cara Body Coat

Body coat merupakan cara pendempulan. Cara pendempulannya sendiri dicoba dengan 2 bagian ialah epoxy serta polyamed serta ditambah dengan silica sand ataupun talk yang gunanya menutup lubang kecil serta pula retakan pada lantai batu atau bilik.

Cara aplikasi body coat ini dicoba memakai alat raskam ataupun scrap. Umumnya cara ini pula tidak senantiasa diaplikasi pada seluruh dataran, tetapi pada dataran yang cacat saja.

Cara Maksimum Coat

Sehabis body coat diterapkan memakai scrap ataupun raskam, berikutnya hendak diratakan kembali menggukana spek rool sisir bergerigi. Sehabis masuk pada cara ini terkini hendak masuk ke cara finishing.

Pada langkah akhir ini dataran lantai hendak dilapisi mengunkan Maksimum Coat yang funsinya buat memperoleh ketebalan epoxy yang cocok dengan keinginan atau kemauan.

Pengaplikasian Maksimum Coat sendiri dapat dicoba dengan kuas, semprot ataupun roller.

Mulai dari langkah awal aplikasi Maksimum Coat sampai kering, umumnya diperlukan durasi dekat 8 hingga 16 jam.

Itu ia langkah aplikasi cat epoxy pada dataran lantai batu. Nah supaya cara coating epoxy dapat berjalan sempurna, terdapat sebagian panduan yang butuh Kamu cermati.

Proses Epoxy Lantai yang benar

Selanjutnya merupakan sebagian panduan aplikasi cat epoxy:

  • Lantai batu yang dipakai memiliki daya buat menahan bobot minimun 225kg atau cm2, serta tidak terjalin penyusutan serupa sekali dikala diber bobot.
  • Baya lantai batu ini minimun sudah menggapai 28 hari serta pula memiliki tingkatan kelembaban hingga 80% RH.
  • Bila lantai batu itu terletak di atas tanah, hingga hendaknya menyelimuti lantai memakai susunan buat mengalangi uap air( water vapour barrier).
  • Pada cara coating epoxy, tiap pekerja ataupun siapapun yang ikut serta pada pengerjaan dilarang merokok.
  • Alat transportasi berat semacam handpallet, gerook serta tipe alat transportasi lain terkini bisa melampaui lantai sehabis 7 hari aplikasi epoxy lantai.
  • Lantai batu wajib memiliki dataran yang wajib, tidak agresif serta tidak mempunyai gelombang.
  • Cara pengecoran lantai wajib memakai peralata yang mencukupi. Lantai juga wajib datar serta ketinggiannya wajib dicermati serta diukur menggnakan perlengkapan khusus.
  • Yakinkan bila dataran lantai bersih dari bermacam kotoran, tercantum minyak, pasta, oli serta larutan lain. Disini Kamu dapat memakai kombinasi sabun cair serta air( dosis sabun tidak sangat banyak).
  • Saat sebelum diterapkan cat epoxy, lantai batu wajib didiamkan sepanjang 2 hari sehabis dibersihkan serta lewat langkah perencanaan dini.

Sebagian panduan metode pencelupan epoxy lantai di atas dapat Kamu lakukan supaya cat epoxy dapat berperan begitu juga mestinya, ialah buat menguatkan dataran lantai serta menaikkan angka estetikanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *